Kamis, 13 November 2008

Proposal Usaha Bebek

Proposal Usaha Bebek

1. Gambaran Umum Visi Usaha

Dewasa ini kebutuhan akan daging bebek atau telur bebek semakin meningkat, setelah adanya isu flu burung yang mematikan usaha peternakan ayam . Masyarakat cenderung memelihara bebek dan mentok sebagai alternatif. Untuk itu usaha ini sangat menjanjikan karena konsumsi masyarakat semakin meningkat, apalagi usaha kuliner yang berbasis daging bebek semakin bervariasi seperti bebek bakar,bebek goreng ,atau sate bebek . Berikut ini akan kami jelaskan tentang jenis usaha ,rincian modal usaha serta pengembangan usaha yang mungkin dilakukan.

2. Variasi Usaha Yang Bisa Dilakukan

1. Pembesaran Bebek

Pembesaran bebek adalah proses pembesaran bebek dari DOC (hari pertama menetas) sampai 40 hari. Anakan bebek (meri) yang di besarkan adalah jenis betina yang memang dari segi harga lebih mahal sehingga memerlukan perawatan extra. Dalam hal ini harus menyiapkan kandang yang sesuai dengan kebutuhan , dengan penghangat, agar suhu temperatur sesuai yang dibutuhkan. Ini perlu dilakukan untuk menekan tingkat kematian. Tingkat kematian normal 20% dari jumlah anakan. Usaha pembesaran ini merupakan usaha yang paling cepat menghasilkan dan resiko paling rendah ,tapi juga membutuhkan investasi besar karena harus membuat kandang khusus dan rumah kandang .

2. Penggemukan Bebek

Perbedaan mendasar dari Pembesaran Bebek adalah meri yang digemukkkan adalah meri jantan yang harga bibitnya jauh lebih murah. Dalam proses penggemukan ini waktu yang diperlukan lebih lama yaitu 5-6 bulan dan itu menyebabkan konsumsi pakan juga lebih banyak. Jika dihitung dari hasil jual dan perawatan keduanya keutungannya hampir sama yang membedakan hanya waktu yang lebih lama.

3. Peternakan Bebek

Dalam usaha ini bebek yang dibeli adalah yang sudah berumur 5-6 bulan ,yaitu bebek yang sudah siap untuk bertelur . Dalam hal ini ketika sudah mulai bertelur akan bertelur setiap hari dan berhenti setelah 8-9 bulan .

4. Penetasan Telur Bebek

Telur yang dihasilkan dari Usaha Peternakan bebek ini . Ditetaskan selama 30 hari setelah menetas dipisahkan antara pejantan dan betina prosentase kesuksesan telur yang ditetaskan ini 70% . Dan pula tergantung dengan ketelitian pengetesan telur pada 3 hari pertama.

5. Usaha pembuatan Telur asin Rebus , Panggang & Bakar dengan Variasi rasa .

Selain ditetaskan telur bebek juga dapat diasinkan selama 14 hari , dansetelah itu dilakukan proses lanjutan yaitu direbus, dipanggang atau dibakar. Sedangkan variasi rasa dapat dibuat rasa Bawang Putih atau Bawang merah.

14 komentar:

Rahmad mengatakan...

Kepada Bapak Yth;

Saat ini saya sudah berpikir untuk memulai bisnis bebek dengan skala 1000 (seribu) ekor. Saya memiliki lahan kosong yang jauh dari pemukiman seluas 7 rantai di medan. Hanya saja saya masih terkendala tentang pembuatan proposal serta analisis usaha ini, karena saya juga mempunyai tanggung jawab bagi hasil kepada orang tua saya selaku pemberi pinjaman modal.
Saya sudah banyak mengutip artikel dari internet tenyang bisnis ini, tapi belum ada yang up to date dan tepat dengan skala 1000 ekor bebek/itik.
Oleh karena itu saya memohon kepada Bapak untuk bisa membantu dalam pembuatan contoh proposal serta analisis bisnis bebek ini.
Sebelumnya saya sampaikan banyak terima kasih.

Chris Mathew mengatakan...

Salam kenal, saya Chris di Bali. Mohon info, jika ada rekan peternak yg bisa support sbb:
Bebek lokal karkas afkir @1kg up, Menthok karkas @2kg, Bebek Peking karkas @2.5kg, Burung dara karkas @150Gr & 200Gr. Jika ada mohon hub saya di hbi_ud@yahoo.com. Terima kasih.

nurul mengatakan...

Pak.. Saya berminat utk investasi di bisnis bebek ini,apakah bapak masih menawarkan investasi tersebut? Saya tunggu kabarnya pak. Terimakasih.

Ally Andis mengatakan...

Salam kenal buat owner blog ini, sy Ali di kota Baubau Sul-Tenggara...

Sebelum sy ucapin terimakasih atas artikel2 bapak. dari awal sy peluang usaha bebek ini sy udah sgt tertarik.dua bulan lalu sy sempet cerita2 ma org dinas peternakan ttg usaha bebek da mereka sangat tertarik.bahkan mrk mau mengucurkan modal awal dan mrk menyarankan pd saya untuk membuat Proposal Penawaran Usaha Ternak Bebek.
Mohon bantuan bapak untuk mengirimkan ke email sy ttg contoh proposal penawaran tsb dan sy sangat mengharap pd bapak. nih email sy pak (andis_civil@yahoo.com)hp.081237137003.
Sebelumnya sy ucapkan terima kasih..

bony mengatakan...

Kepada Bapak Yth;

Saya Mahasiswa peternakan Universitas andalas [SUMBAR]. Ingin sekali berwirausaha khususnya dibidang Itik petelur. Berhubung sumber dana yang akan saya kelola meminta saya untuk memasukkan proposal tentang itik tersebut, maka saya mohon kepada bapak yg terhormat untuk bisa membantu saya dalam memberikan contoh proposal usaha itik petelur yang baik dan benar, karna ini akan saya jadikan sebagai pengaplikasian ilmu saya juga menjadi sumber pemasukkan saya nantinya sehubung keadaan hidup saya...

oleh karna itu, saya mohon kepada bapak untuk bisa membantu saya dalam pembuatan contoh proposal serta analisis bisnis itik petelur ini.

sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

bony mengatakan...

perkenalkan, saya bony mahasiswa peternakan Universitas andalas.ingin mengajukan permohonan bantuan dalam pembuatan contoh proposal itik petelur.

proposal ini akan saya gunakan untuk mengajukan program wirausaha dilembaga universitas saya yang bersifat pinjaman lunak.

sedikit bercerita,dengan latar belakang yang kurang mampu,saya melihat ada peluang untuk memperbaiki keuangan saya sambil bisa menyelesaikan kuliah saya karna sumber pemasukkan saya satu-satunya hanya dari uang pensiunan almarhum orang tua saya..

untuk itu, sudilah kiranya bapak yang terhormat agar bisa membantu saya dalam pembuatan contoh proposal itik tersebut.

sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

willy mengatakan...

pak salam kenal saya willy dr bandung,... gmn ya carnya klo investasi saya bisa join dgn restoran dan bagaimana cara pembuatannya makasih tolong bls ya pak ke aditya.willy5@gmail.com

willy mengatakan...

pak bagaimana ya klo cara join sama restoran" bila saya ingin ngajukannya proposalnya?
tolong bls ke aditya.willy5@gmail.com
di tunggu ya pak balesannya,

willy mengatakan...

pak saya willy pgn nannya bagaiman cara join dgn restoran" ya?
bls ke aditya.willy5@gmail.com
makasih ya pak mohon untuk kerja samanya

Haliman adiwijaya mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Maju Bersama Poultry Shop mengatakan...

Proposalnya kurang lengkap gan... sing lengkap ada tidak? Termasuk Rencana Anggaran Biaya.

salam buat semua sahabat
http://ilmu-taniternak.blogspot.com/

Rara Rahmawati mengatakan...

aku punya bisnis bebek juga , tp pgen cari supplyer untuk pasokan bebek saya , kira2 ada yg bisa bantu ga? tp saya maunya olahan matang :D thx yah

Rara Rahmawati mengatakan...

dan bisa tolong dibantu proposalnya yg lengkap donk , biasanya kantor dan kmpus2 kan maunya kita kasih proposal dulu , thx yah

Nurul Fajar mengatakan...

Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
Saya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com

Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.

Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com